Tips menghadapi musim hujan Tips menghadapi musim hujan | blognya maz bram's
> > Tips menghadapi musim hujan

Tips menghadapi musim hujan

Posted on Monday, November 26, 2012 | 21 Comments

Bismillah..

Alhamdulillah hari ini masih diberi kesempatan untuk menulis kembali di blog yang sederhana ini. Musim hujan telah tiba, hampir setiap hari hujan turun di beberapa tempat di bumi pertiwi ini. Bahkan ada beberapa daerah yang mengalami banjir karena banyaknya debit air hujan yang turun. Untuk itu, kali ini mazbrams mencoba memberikan tips ringan seputar menghadapi musim hujan kali ini :

Berikut tips menghadapi musim hujan ala mazbrams :
1. Karena hujan datangnya dari Allah Subhanahu wa ta'ala maka hendaknya kita senantiasa berdo'a kepada-Nya ketika hujan turun, agar hujan yang turun bermanfaat bagi kita semua.
Hal ini berdasarkan hadits dari Ummul Mukminin, ’Aisyah radhiyallahu ’anha,


إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ « اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً »
”Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an” [Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat]”. (HR. Bukhari no. 1032, Ahmad no. 24190, dan An Nasai no. 1523.)
Ibnu Baththol mengatakan, ”Hadits ini berisi anjuran untuk berdo’a ketika turun hujan agar kebaikan dan keberkahan semakin bertambah, begitu pula semakin banyak kemanfaatan.”


2. Yang kedua, jangan lupa untuk selalu "sedia payung sebelum hujan". Jadi kalo mau keluar rumah atau keluar kantor nggak kehujanan.

3. Bagi yang biasa pake sepeda motor harus & wajib bawa mantel atau jas hujan (lebih enak pake yang model setelan celana/rok + atasan) biar nggak kayak batman.. Selain itu bawalah selalu sandal jepit agar sepatu kesayangan tetap kering & awet . Atau bila perlu pakailah sepatu boots biar aman..

4. Bagi pengendara roda 4 jangan injak gas dalem-dalem nyante aja biar pelan asal selamat..

5. Bagi seluruh masyarakat : jangan buang sampah di saluran air/sungai/kali dan sejenisnya sehingga tidak menyumbat jalannya air yang dapat menimbulkan bahaya banjir.

6. Sediakan selalu selimut yang tebal pada musim hujan sehingga pada waktu malam hari anda dapat tidur dengan hangat dan nyenyak..

7. Siapkan ember plastik baik kecil maupun besar, untuk berjaga-jaga jika atap rumah ada yang bocor sehingga air hujan yang bocor dapat tertampung di ember tersebut.

Sekian tips dari saya semoga bermanfaat..
-Terima kasih-

Related Post



Backlink here..

Comments:21

  1. Kalau selimut itu rasanya WAJIB ya bang..hahhahyyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali bang icah biar hangat.. hahayyy juga..

      Delete
  2. kunjungan mlm genk.. betul banget th genk. sedia payung sebelum kehujanan'y genk. genk ijin Fllow Genk. Fllow Balik'y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke genk, segera meluncur ke berebes.. makasih dah follow blog saya..

      Delete
  3. Pergantian musim... Banyak orang demam sptnya
    Salam kenal sob... Jungkir balik ya di blog ane.
    Salam kenal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sob, banyak yang kena flu juga.. segera jungkir balik di blog ente sob.. makasih..

      Delete
  4. tips tambahan mas ;
    8. pake mobil, (mobil angkot)
    9. pake mantel, (motor)
    10. bawa baju renang, (takut kalo ada banjir)
    11. gak pake apa2, (bukan b*gil lho)
    tapi gak usah keluar rumah aja sekalian, hehehe...

    mantap kan, joss...69...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantabs juga tuh tipsnya mas kaka.. joss 69 juga deh... :)

      Delete
  5. wah tips yang bermanfaat ne mas brams :D

    ReplyDelete
  6. Jangan lupa minum yang anget2 kalo ujan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas sundo, jahe anget, sule anget, kopi anget pass banget diminum pas lagi hujan.. +mendoan anget.. :) makasih dah berkunjung sob,..

      Delete
  7. setiap yang ALLAH kasi selalu bermanfaat , meski terkadang bnyk org yang mengeluh (aahh hujan !! payah jadi banjir deh jakarta) , (aduh cucian gue belum kering, mana besok mau dipake sekola lagi, sial) .. astaghfirullah, terkadang gak sedkit saya mendengar bnyk yg mengeluh ..

    semangat. ALLAH melindungi kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih miz tia, komentar anda sangat bermanfaat... semoga Allah Subhanahu wa ta'ala selalu melindungi kita semua.. amiin

      Delete
  8. lagi musim ujan nih,,,oke juga nih tipsnya..mantab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantab juga buat blog-nya mas yantop lah.. :)

      Delete
  9. sedia payung sebelum hujan....efektif tuh mas bram hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas budi.. makasih dah mampir disini.. :)

      Delete
  10. cocok untuk sekarang yang musim hujan.. wah artikelnya sip2 nih (y)

    ReplyDelete
  11. bagus juga info-nya, ikut menyimak saja nih sob

    ReplyDelete

Powered by Blogger.