Konsumsi BBM Vario 125 tembus 57,3 km/liter Pertamax Konsumsi BBM Vario 125 tembus 57,3 km/liter Pertamax | blognya maz bram's
> > Konsumsi BBM Vario 125 tembus 57,3 km/liter Pertamax

Konsumsi BBM Vario 125 tembus 57,3 km/liter Pertamax

Posted on Thursday, July 12, 2012 | 33 Comments


Konsumsi BBM Honda Vario Techno 125 PGM-FI ini memang lumayan irit untuk skuter matik kelas 125 cc. Hal ini terbukti ketika saya melakukan pengetesan mileage (konsumsi bbm km/liter) menggunakan metode top up atau isi full tank, kemudian dibawa jalan beberapa km dan diisi full tank lagi sehingga didapatkan angka pemakaian km/liter yaitu jumlah perjalanan dibagi jumlah bensin yang diisi sampai fulltank kembali.

Nah sebagai batasan pengujian, pengendara adalah mazbrams sendiri dengan berat badan / tinggi badan = 70 kg /168 cm, jadi kalo beda pengendara maka ada perbedaan juga termasuk gaya bawa kendaraannya juga pengaruh..

Untuk rute rumah-kantor pp 60km dan kondisi jalan berkontur rata. Untuk gaya riding sewajarnya orang ngantor bukan ala pembalap atau seruntulan. ya itunglah kecepatan rata-rata 70 kpj. pernah sampe 80/90kpj waktu nyalip bis / truk yang ngebul..

Okehh, pada selasa, 10/07/2012 motor diisi pertamax full jepret odometer : km menunjukkan angka 452,0



Kendaraan dibawa pp rumah-kantor dan kadang mampir belanja setelah 2 hari diisi full tank lagi jepret odometer : km menunjukkan angka 598,2 dengan mengisi pertamax sebanyak 2,55 liter.

Jadi kalo dihitung perjalanan sejauh 146,2 km dibagi 2,55 liter menghasilkan angka 57,3 km/liter. Irit bukan??? Silahkan dikomentari...

Related Post



Backlink here..

Comments:33

  1. lebih irit punya saya mazbrams...
    (bensin subsidi negara)
    hahahahahaha

    ReplyDelete
  2. hehehe.. ya iya lah, harganya kan lebih murah..

    ReplyDelete
  3. gan..perbandingannya klo di tangkinya masih ada premium gimana..???
    terus pake pertamax yg plus ato yang bisa aja gan..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maap nih baru bales, kalo di tangkinya masih ada premium ya dihabisin dulu biar pas ngetest-nya.
      kemaren pake pertamax biasa, tapi kini harganya Rp. 1.100, jadi main campur aja sekarang.. makasih dah mampir..

      Delete
  4. Replies
    1. makasih atas support-nya.. good luck..

      Delete
  5. kalo premium dicampur pertamax gimana ya kira-kira oms?
    soalnya pertamax mencekik, jadi kan bisa selang seling hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo om honda bilang sih semua produk honda PGM-FI aman buat nenggak premium, tapi ada yang bilang juga lebih bagus pake pertamax karena kompresinya vario 125 11:1.. kalo ane sekarang pas ada duit isi pertamax, pas gak ada duit isi premium.. hehe..

      Delete
  6. Mas Bram, bagaimana kondisi rem cakram depan vario-nya? Apakah ada sedikit gesekan (cakram dan kampas) saat roda depan diputar?

    Soalnya saya pernah menguji honda 125 saya, saat baru keluar dari toko (dengan kondisi cakram depan bebas gesekan ketika roda depan berputar). Dengan kecepatan stabil/lumpsum seperti truk trailer, hasilnya konsumsi 1 liter bisa menempuh 100 km.

    Kemudian 2 tahun, saya beli vario CBS, kondisi cakram depan ada sedikit gesekan dan tidak bisa diperbaiki (dan tidak bisa memilih karena stok toko adalah semua cakram motor bergesek). Hasilnya 1 liter dengan kecepatan kota, daya tempuhnya cuma 35 km.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama 4 bulan saya pale sih gak ada masalah tuh sob, memang gesekan antara cakram dan kampas bisa mempengaruhi konsumsi BBM karena laju kendaraan ditahan oleh gesekan tersebut, akibatnya mesin perlu tenaga ekstra untuk mencapai kecepatan tertentu. Vario standar bapak saya juga kalo dituntun cakramnya agak bergesek gitu sob. Coba aja ke bengkel ahass terdekat sapa tau ada solusinya.. makasih..

      Delete
  7. jadi kalau vario pgm f1 di kasih minum premium gak papa ya maz bram...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak papa mas radit, wong dari hondanya sendiri yang bilang.. Tapi kalo mau ngisi pertamax lebih bagus lagi sob, tarikannya lebih enteng.. kalo saya malah sekarang banyakan pake premium, pertamax harganya selangit sob..

      Delete
  8. kaget jg setelah beli vario pgm fi 4 hari yang lalu, konsumsi bbm nya bener2 ngirit
    gak nyangka bisa tembus +- 55km/l
    g salah pilih motor nih
    baru kali ini gonta ganti motor dapat motor yang se irit ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti sobat sudah membuktikannya sendiri kan.. moga aja jodoh sama tu motor..makasih..

      Delete
  9. marvelous wordpress blog structure http://casinoonlinex.wordpress.com online casino

    ReplyDelete
  10. om brams, knapa vario pgm f1 saya klo berjalan pelan terasa seperti keberatan om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang kalo di putaran bawah vario 125 agak berat narik nya, sobat putar aja gasnya tambah dikit pasti dah enteng tuh, mungkin emang karakternya motor matic ya sob. Tapi kalo dah panas mesin kayaknya gak berat-berat amat kan sob.. makasih..

      Delete
  11. kalo tetang endut endutan tuh gimana masbro ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. endut-endutan apanya mas julian? kalo tarikan motor matic injeksi di putaran bawah (kurang dari 40km/jam) emang agak berat tapi kalo udah 50lm keatas dah stabil kok sob.. cuman emang kalo mo nyalip bus ato truk mesti aba2 dulu sob, kalo dari bawah agak berat nyalipnya.. makasih..

      Delete
  12. mas kalau suara ngorok di vario 125 knp ?

    ReplyDelete
  13. kalo setau saya, suara ngorok pada vario 125 emang bawaannya, karena cc-nya yang tinggi dan model saringan radiatornya yang kayak sirip ikan. konon ada user yang bisa ngilangin suara ngoroknya, itupun mesti ganti parts dan harus merelakan kehilangan garansi mesin honda. Selama ngorok itu nggak ganggu performa mesin, saya kira masih aman-aman saja sob.. jadi cirikhas vario 125 ini ya ngoroknya itu.. :)

    ReplyDelete
  14. Mas Bram, saya mau tanya karena jalur perjalanan saya setiap hari sekali jalan melibas 72 polisi tidur/jengglungan...saya bermasalah dengan jok motor yang keras sehingga membuat bokong ini panas dan tulang buntut sakit, apakah ada slusinya untuk jok supaya menjadi empuk?

    ReplyDelete
  15. Nah, untuk masalah jok emang saya rasa kualitas material jok vario 125 ini lebih rendah drpd vario pendahulunya, alias lebih keras. untuk mengatasinya ada dua cara :
    1. silahkan datang ke tukang jok, kemudian jok dipapas dulu dan ditambah busa yang lebih empuk untuk melapisi jok aslinya.
    2. ada pengalaman teman pake sarung jok yang bahannya dari per kecil2 gitu, dan katanya lumayan juga untuk mengatasi bokong panas dan anti ambeien.. kalo nggak salah harganya sekitar 90rban.. pasangnya juga gampang tinggal disarungin ke jok vario anda dan nikmati sensasinya...
    semoga membantu,..

    ReplyDelete
  16. Saya bingung nih mas bram! Pengen bli vario tchno yg sblumnya 110cc drpd yg baru ini 125cc. Tapi dsatu sisi, sya pngen juga yg brmesin pgmf1, krna yg 125 cc body dan eleganny tak sperti yg 110cc yg lbih elegan aja gitu mnurut sy likuk" bodynya. Mnurut mas bram bagusan mana si.. vario 110cc, apa yg baru ini?

    ReplyDelete
  17. kalo menurut saya sih mending beli yang udah pgm-fi sob, soalnya gas buangnya juga lebih ramah lingkungan. Selain itu banyak kelebihan lain yang nggak ada di vario 110cc, misalnya bunyi starter nya yang sunyi senyap, bagasinya yang sangat luas (helm-in), trus lampu besar yang otomatis nyala, ada indikator mesinnya lagi. Jadi kalo radiator panas ato ada masalah dgn mesin kita cukup melihat indikator nya aja sob. N saya kira vario 125 ini juga lumayan irit untuk skutik sekelas 125cc sob.
    Lagian kalo mau beli vario 110cc kan udah nggak ada di dealer, jadi paling dapetnya yang second, nah kalo mau beli yang second mesti hati2 sob..
    Jadi terserah sobat mau beli yang mana, harganya juga lumayan miring tuh..

    ReplyDelete
  18. Yuk Pake pertamax aza, mesin lebih awet,, sy bentar lgi test yg sama vario 125 CBS

    ReplyDelete
  19. @SAIFUL: YUUUKK.. SELAMAT NGETEST SOB.. SAPA TAU LEBIH IRIT DARI PUNYAKU..

    ReplyDelete
  20. terlanjur sayang sama vartech 108cc...
    yang penting perawatan teratur,,
    si kuda besi pun siap melayani anda... :)

    # buat teman-teman safety riding, ojo ngebut2 sayangi diri,,

    ReplyDelete
  21. @iffahL makasih ukh atas nasihatnya.. :)

    ReplyDelete
  22. Maz brams kok vartech sya lebih irit pake premium di banding pertamax..
    Ngisi 3ltr aja nyampe jkt-banten..
    Tpi klo pke pertamax paling cuma nyampe balaraja..
    Yang paling jarak tempuh hanya 80km..
    Sdangkan klo pke premium bisa sampe 180km..ada solusi maz brams..monggo di tunggu solusinya

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Klo menurut ane jauh lebih irit Bajaj Pulsar gan, ane beli vario september 2013 ane test buat bandung-bogor wah gila bener2 boros nieh motor isi bensin premium 30 rb nyampe bogor udah kedip-kedip jarak bogor bandung 147 km, PP udah ngabisin 60 rb klo pulsar cm 30 rb, ane test pulsar dan vario keduannya berboncengan,

    Acungkan jempol buat bajaj menurut ane motor paling irit, ane pernah test juga tuh ngosongin tanki sampe gada bensinnya ane isi tuh 1 liter ternyata kuat sampe 6 hari itu bensin,
    jarak PP 8km dr rmh ke ktmpat kerja itung 8x6 aja udh 1 liter 48 Km jauh lebih irit khan..

    tp semua produk gada yang sempurna

    Pulsar irit tapi susah bawa barang
    Vario Boros gampang bawa barang..

    Tp ane sekarang malah pake vario soalnya suka bawa belanjaan istri ..he ditambah jalanan yang makin macet jd pegel klo harus mainin kopling mulu... semua kembali ke pengguna, mau yang mana. pilih sesuai kebutuhan,,, tp klo pengen lebih Irit bensin harus di campur gan ( campur dorong ).. he.he peace ah

    ReplyDelete
  25. mas bramz,..
    saya kan suka touring nih,...
    saya pengen pakai pertamax,...
    yang saya katutin, kan ada tu spbu yang nggak menyediakan peratamax,...
    gimana tu mas bramz????
    ato ada nggak orang jual tangki cadangan buat vario techno???
    di tunggu ya mas bramz balasan nya,.,.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.