Makan dan Minumlah menggunakan Tangan Kanan Makan dan Minumlah menggunakan Tangan Kanan | blognya maz bram's
> | > Makan dan Minumlah menggunakan Tangan Kanan

Makan dan Minumlah menggunakan Tangan Kanan

Posted on Wednesday, November 28, 2012 | 28 Comments


Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh..

Alhamdulillah kita bersyukur kepada Allah Subhanahu wa ta'ala atas semua nikmat yang diberikan kepada kita. Kali ini mazbrams akan berbagi ilmu seputar diantara adab-adab makan, yaitu makan dan minum menggunakan tangan kanan. Sobat mazbrams tentu sudah tau kan kalo makan dan minum musti menggunakan tangan kanan?? Nah, bagi sobat yang belum tau atau kadang sering lupa menggunakan tangan kiri ketika makan atau minum hendaknya jangan menjadikan hal ini kebiasaan bagi sobat.
 Kita kadang sering lupa atau bahkan sengaja, misalnya saat tangan kanan memegang mouse maka dengan santainya tangan kiri meraih makanan lalu memasukannya ke mulut, atau ketika sedang mengetik di laptop atau saat tangan kanan memegang rokok maka tangan kiri yang mengambil makanan, (meskipun merokok itu tidak baik) atau dengan alasan yang lainnya. Untuk itu kita perlu menerapkan kebiasaan baik ketika makan dan minum, yaitu dengan menggunakan tangan kanan untuk makan dan minum.



Hal ini sebagaimana hadits dari Umar radhiallahu ‘anhu, beliau berkata : Bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda : “Apabila salah seorang diantara kalian makan, hendaknya dia makan dengan mempergunakan tangan kanannya dan apabila minum hendaknya dengan mempergunakan tangan kanannya. Karena sesungguhnya syaithan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya” [HR. Muslim ( 2020 ), Ahmad ( 4523 ), At-Tirmidzi ( 1800 ), Abu Daud ( 3776 ), Malik ( 1712 ) dan Ad-Darimi ( 2020 )]

Namun, apabila ada udzur mempergunakan tangan kanan  untuk makan dan minum, seperti karena sakit atau luka dan selainnya, maka tidaklah mengapa makan dan minum dengan mempergunakan tangan kiri. Dan Allah tidak membebani seseorang kecuali dengan kemampuannya.

Demikian yang sedikit ini, semoga bermanfaat..

-Terima kasih-





Related Post



Backlink here..

Comments:28

  1. siang genk.. btul jga genk. kita harus makan dan meminta apapun harus pke tangan kannan. jngan smpek tangan kiri karna tangan kiri habis buat beol heheh...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali genk.. tangan kiri udah ada tugasnya yaitu untuk ber istinja'.. makasih dah berkunjung genk.. :)

      Delete
  2. Betul banget tuh gan, saya pernah lho makan pakai tangan kiri :(
    Tapi sekarang mh udah engga lagii :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalo gitu.. makasih dah mampir disini..

      Delete
  3. sungguh indah ya mas...ajaran islam...klw memang ada uzur kita masih di perbolehkan....tidak kaku...fleksibel...dan tidak memberatkan umat nya...
    trims maz brams vuat pencerahannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang islam itu indah mas budi.. pokoknya kita musti bersyukur jadi seorang muslim bang.. makasih dah berkunjung.. :)

      Delete
  4. setuju.....makan menggunakan tangan juga mempunyai kenikmatan sendiri.
    tapi untuk mereka yg kidal alias selalu melakukan aktifitas termasuk makan dengan tangan kiri itu gimana ya mas bramz?

    salam kenal
    salam silahturrahmi
    salam blogger
    follow yg ke 54 sukses sob,semoga dapat menjalin silahturrahmi dengan baik dan membawa manfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertanyaannya sama dengan kang Reo Adam.
      blognya bagus jadi follow diatas kang Reo sukses.
      salam sehat selalu

      Delete
    2. Insya Allah kalo kita niat dan mau berusaha pasti bisa.. sama kayak perokok berat yang pengen berhenti merokok, kalo dah diniatin berhenti dan berusaha menghindari rokok Insya Allah pasti bisa..
      makasih mas reo adam dan desa cilembu atas kunjungannya.. :)
      salam kenal
      salam silahturrahmi
      salam blogger

      Delete
  5. post yng bgus neh.. nmbh2 pengtahuan... join balik ya mas..
    http://coretannakdusun.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih atas kunjungannya coretannakdusun, segera meluncur ke TKP..

      Delete
  6. Makasih infonya, gan!
    Salam kenal dan kalau sempat mampir dan submit url blognya di blog direktori saya, gan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih atas kunjungannya Direktori WeBlog,segera meluncur ke TKP..

      Delete
  7. terimakasih kang atas pencerahannya,,,memang kita harus slalu menggunakan tangan kanan ...happy blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih dah berkunjung disini mas hayardin..

      Delete
  8. waduw maap telat bang.. boleh banget nih tentang kesehatan jgn lupa cuci tangan sama bca doa :D
    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap betul sekali miz tia, cuci tangan sebelum dan sesudah makan dan ucapkan "bismillah" sebelum makan dan minum.. makasih atas kunjungannya..

      Delete
  9. ikut menyimak,luarbiasa postinganya,penuh pelajaran berharga,apalagi bagi kita sebagai muslim,hendaknya selalu ada dalam sunahnya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. mangga atuh kang dede.. semoga kita selalu tegar diatas sunnah Nabi kita 'alaihi sholatu wassallam.
      makasih atas kunjungannya.. :)

      Delete
  10. Nice sharing..
    berkunjung balas di sini:)

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. amiin.. terima kasih atas kunjungannya..

      Delete
  12. met siang maz brams,tapi ada juga orang yang tangannya kidal,iya apapun harusnya sopan menggunakan tangan kanan apalagi saat makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. siang juga alice.. betul sekali kecuali ada halangan baru boleh pake tangan kiri.. makasih dah berkunjung sob..

      Delete
  13. Semoga kita selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT dan supaya bisa melakukan segala aktivitas yang sesuai dianjurkan dalam Islam

    ReplyDelete

Powered by Blogger.