Renungan di penghujung tahun 1433 H Renungan di penghujung tahun 1433 H | blognya maz bram's
> > Renungan di penghujung tahun 1433 H

Renungan di penghujung tahun 1433 H

Posted on Wednesday, November 14, 2012 | 10 Comments

Bismillahi walhamdulillah..  Sobat mazbrams yang Insya Allah dirahmati oleh Allah, nggak kerasa sebentar lagi kita akan meninggalkan tahun 1433 H dan berjumpa dengan tahun 1434 H. Insya Allah besok tanggal 1 Muharram 1434 H yang bertepatan dengan tanggal 15 November 2012 M adalah sebuah awal tahun baru Hijriyah bagi kaum Muslimin.

Tahukah Sobat? bahwa penetapan sistem kalender hijriyah yang berjumlah 12 bulan ini dimulai pada masa kekhalifahan Umar bin khatab Radhiyallahu 'anhu, hal ini berdasarkan firman Allah Subhanahu wa ta'ala :
(إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْراً فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ)
Artinya:  "Sesungguhnya bilangan bulan disisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kalian menganiaya diri kalian dalam bulan yang empat itu."
(At Taubah: 36)


Sedangkan nama-nama bulan dalam Islam adalah sebagai berikut : 
1. Muharram
2. Safar
3. Rabiul awal
4. Rabiul akhir
5. Jumadil awal
6. Jumadil akhir
7. Rajab
8. Sya'ban
9. Ramadhan
10. Syawal
11. Dzul Qa'dah
12. Dzul Hijjah

Dalam menyambut awal tahun 1434 H kaum muslimin hendaknya melakukan perenungan atas apa yang telah dilakukan selama setahun terakhir, baik berupa amalan shalat, puasa, zakat, muamalah, maupun amalan lainnya. Perenungan atau muhasabah dapat kita lakukan setelah selesai melakukan shalat malam dimana kondisinya tenang, sunyi, sepi, sendiri, sehingga hanya ada Anda dan Allah Subhanahu wa ta'ala saja dan para malaikat yang bertugas mencatat amal-amal kita. Dalam waktu yang hening itu kita curhat kepada Allah atas apa yang kita alami dan berdoa semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita dan memperbaiki amaln-amaln kita..

Hal-hal yang dapat kita jadikan sebagai bahan renungan antara lain :
1. Sudahkah shalat 5 waktu yang wajib itu kita lakukan setiap hari tanpa pernah meninggalkannya? (kecuali bagi wanita yang haid, nifas, anak kecil yang belum baligh, orang yang tak berakal)

2. Sudahkah shalat 5 waktu kita lakukan pada awal waktu? (karena bersegera menuju kebaikan adalah yang paling disukai Allah)

3. Sudahkah shalat 5 waktu kita lakukan secara berjama'ah di masjid? (bagi kaum pria, namun bagi kaum wanita lebih utama shalat di rumah/munfarid)

4. Sudahkah ibadah yang kita lakukan sesuai dengan tuntunan nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam dan kita lakukan dengan ikhlas? (karena setiap ibadah harus sesuai dengan tuntunan nabi shallallahu 'alaihi wa sallam (ittiba') dan harus ikhlas karena Allah)

5. Sudahlah kita mengganti (meng-qodho) puasa wajib (ramadhan) kita yang terlewat? (bagi orang yang sakit waktu ramadhan, atau wanita yang berhalangan)

6. Sudahkah kita tunaikan zakat sesuai dengan kadarnya? (misalnya zakat pertanian, zakat mal, zakat emas, dll)

7. Sudahkah kita bertaubat dari dosa dan maksiat yang telah kita perbuat? (karena Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan bersegera melakukan kebaikan)

8. Sudahkah anda berhijab (dengan sempurna)? (bagi kaum wanita yang belum menutup auratnya ketika keluar rumah atau bertemu dengan non mahram)

9. Sudahkah anda meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat? (misalnya merokok, main game online, ngalamun, ngobrol yang tidak jelas (ngerumpi), dll)

10. Sudahkah anda mencari ilmu agama? (karena mencari ilmu agama hukumnya wajib bagi setiap muslim)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ
Menuntut ilmu merupakan kewajiban atas setiap muslim.[HR. Ibnu Majah, No: 224]

Selanjutnya sobat mazbrams dapat melakukan perenungan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada didalam hati sobat sekalian  sesuai dengan apa yang sobat alami masing-masing. Namun, jangan asal merenung ya? artinya setelah kita meng-introspeksi diri kita tentang masa yang telah kita lewati, maka kita akan mengetahui apa saja kekurangan-kekurangan yang harus kita perbaiki pada waktu yang akan datang. Oleh karenanya, setelah kita merenung hendaknya dengan segera mungkin kita bertaubat kepada Allah dan melakukan perbaikan-perbaikan atas kesalahan dan kekurangan yang kita lakukan pada masa yang telah lalu.. karena kita tidak akan pernah bisa kembali ke masa lalu.. jadi, Semangatlah meraih kebaikan di hari esok!!
Demikian yang dapat disampaikan pada postingan kali ini, semoga yang sedikit ini bermanfaat..
-Terima kasih-

Related Post



Backlink here..

Comments:10

  1. salam sahabat..
    info yang mantap...sudah di +1 segala artikel mu di google plus...

    Selamat tahun baru sahabt....

    ReplyDelete
  2. selamat thun baru....semoga kita semua di tahun ke depan lebih baik dari thn seblumnya amin..hehe
    thanks info sob..

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. makasih Miz Tia.. semoga lebih baik lagi..

      Delete
  4. ahlan wa sahlan fi syahrullah.. selamat datang bulan Muharram
    selamat tahun baru hijriah sobat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas istiawan.. Barokallohu fiikum

      Delete
  5. Trima kasih telah mengingatkan mas...
    Semoga di tahun yg baru...kita lebih dapat menjalankan ibadah dan berbuat kebaikan lebih baik dari thn sebelum nya..amin

    Posting yg sangat perlu...utk menjadi renungan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas budi.. semoga hari esok lebih baik dari hari ini..
      Semangat ngeblog!! :)

      Delete

Powered by Blogger.