Tips memilih Flashdisk Tips memilih Flashdisk | blognya maz bram's
> > Tips memilih Flashdisk

Tips memilih Flashdisk

Posted on Tuesday, July 2, 2013 | 5 Comments

Assalamu'alaikum...

Sobat blogger yang Insya Allah dirahmati Allah Subhanahu wa ta'ala, kali ini saya akan memberikan sedikit tips atau cara bagaimana memilih dan merawat flashdisk yang baik dari segi kualitas maupun penggunaan sehingga flashdisk dapat awet dan nyaman dipakai.

Seperti kita ketahui, flashdisk sudah merupakan suatu kebutuhan bagi setiap karyawan baik PNS ataupun swasta serta mahasiswa. Fungsi flashdisk itu sendiri adalah sebagai media untuk menyimpan file softcopy atau ADK (Arsip Data Komputer) baik berupa file MS office, file multimedia, atau yang lainnya.

Sebelum flashdisk lahir, dulu waktu SMA (sekitar tahun 2000-an) kita sering menggunakan disket kotak (3,5 floppyA) sebagai media penyimpanan ADK. sedangkan kapasitasnya sendiri hanya beberapa MB, kalo ga salah sekitar 1,4 MB ya sob.. jadi kalo mau ngopy file yang cukup berat harus menggunakan beberapa disket,, Dengan adanya flashdisk maka membuat pekerjaan kita menjadi semakin praktis dan mudah. Kapasitas flashdisk ada berbagai macam ukuran ada yang 125 MB (dulu), sekarang ada yang 1GB, 2GB, 4GB, 8GB, 1TB, dst...

Satuan ukur untuk memory penyimpanan data adalah byte, KiloByte (KB), MegaByte (MB), GigaByte (GB), TerraByte (TB), dst.. 1 Kilobyte (KB) = 1000 byte, dst..

Berikut tips untuk memilih dan merawat flashdisk agar flashdisk yang kita beli bagus kualitasnya dan awet penggunaannya :


1. Niat dulu dalam hati sebelum membeli flashdisk sambil ngucapin "bismillah".
2. Siapkan uang yang cukup untuk membeli flashdisk.
3. Lihat-lihat flashdisk dulu sebelum membeli (sambil garuk-garuk kepala).
4. Pilihlah yang merk-nya sudah teruji dan banyak dipakai orang, misal merk S***, T*****, dll..
5. Pilihlah kapasitas flashdisk yang sedang (tidak terlalu besar tidak terlsalu kecil) misal 4 GB atau 8GB, agar flashdisk tidak cepat panas dan tetap dapat memuat banyak file.
6. Pilihlah flashdisk dengan ukuran yang sedang (tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis). Seringkali kita kesulitan ketika memasukkan flashdisk yang modelnya gemuk apalagi berbentuk gambar binatang atau kartun, dll. Begitu juga jika terlalu tipis dan kecil rawan sekali patah dan rusak.. ya kan sob..??
7. Pilihlah flashdisk yang nggak ada tutupnya (yang model fliptop atau geser), karena biasanya tutupnya sering hilang, akibatnya flashdisk jadi rawan kotor karena debu dan kotoran.
8. Dalam merawat flashdisk letakkan flashdisk di tempat yang kering, terlindung dari sinar matahari dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.
9. Jangan menaruh flashdisk di saku celana atau baju, karena kadang kita lupa pada saat mencuci pakaian flashdisk tidak diambil terlebih dahulu, akibatnya flashdisk dan isinya pun hancur karena basah..

Demikian sedikit tips memilih dan merawat flashdisk..
Semoga bermanfaat..


Related Post



Backlink here..

Comments:5

  1. gak mesti mahal dan bermerek ya.

    ReplyDelete
  2. Biasanya ada harga ada rupa. Semakin mahal makin bagus menurut saya. hehe

    ReplyDelete
  3. @MizTia: mahal dan bermerk lebih bagus sob.. sesuaikan dengan kantong.. hehe..
    @mas hendrik: "kalo ada yang lebih bagus dari *** buat apa beli yang lebih mahal?" hehe..

    ReplyDelete
  4. Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya http://sewaproyektordisurabaya.blogspot.com/

    ReplyDelete

Powered by Blogger.