Manfaat Rasa Lapar Manfaat Rasa Lapar | blognya maz bram's
> > Manfaat Rasa Lapar

Manfaat Rasa Lapar

Posted on Wednesday, July 17, 2013 | 7 Comments



بسم الله الرحمن الرحيم
 

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh...

Alhamdulillah kita bersyukur kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, kita masih dipertemukan di bulan Ramadhan Tahun 1434 H ini. Berjumpa kembali dengan bulan Ramadhan merupakan suatu nikmat yang besar yang harus kita syukuri, yaitu dengan meningkatkan amal ibadah kita di bulan yang mulia ini sebagai bekal di kehidupan akhirat yang Insya Allah kita semua akan menuju kesana kelak.

Sobat blogger yang Insya Allah dirahmati Allah Subahanhu wa ta'ala, puasa bukan hanya menahan lapar dan dahaga, melainkan juga menahan hawa nafsu dan perbuatan-perbuatan yang dapat merusak pahala puasa itu sendiri. Disaat puasa di siang hari kita merasakan lapar dan dahaga, lebih-lebih jika pada hari tersebut mentari bersinar sangat terik. Namun apakah ada manfaat dari rasa lapar itu? Berikut ini adalah perkataan dari para thabiin mengenai manfaat dari rasa lapar.

Ibnu Abi ad-Dunya rahimahullah meriwayatkan dari Muhammad bin Wasi' rahimahullah bahwa dia berkata, "Siapa yang sedikit makannya dia akan bisa memahami, membuat orang lain paham, bersih, dan lembut. Sungguh, banyak makan akan memberati seseorang dari hal-hal yang dia inginkan."



Diriwayatkan dari Utsman bin Zaidah rahimahullah, dia berkata bahwa Sufyan ats-Tsauri rahimahullah mengirim surat kepadanya (diantara istrinya), "Apabila engkau ingin tubuhmu sehat  dan tidurmu sedikit, kurangilah makan."

Diriwayatkan dari Ibrahim bin Adham rahimahullah, Siapa yang menjaga perutnya, dia bisa menjaga agamanya. Siapa yang bisa menguasai rasa laparnya, dia akan menguasai akhlak yang terpuji. Sungguh, kemaksiatan akan jauh dari orang yang lapar, dekat dengan orang yang kenyang. Rasa kenyang akan mematikan hati. Akan muncul pula darinya rasa senang, sombong, dan tawa."

Diriwayatkan dari Abu Sulaiman ad-Darani rahimahullah, "Jika jiwa merasakan lapar dan dahaga, kalbu akan bersih dan lembut. Jika jiwa merasakan kenyang dan puas minum, kalbu menjadi buta."



Diriwayatkan pula dari asy-Syafi'i rahimahullah, "...Rasa kenyang akan memberati badan, menghilangkan kewaspadaan, mendatangkan rasa kantuk, dan melemahkan pemiliknya dari beribadah."

(Jami' al-Ulum wal Hikam, hlm. 576-577)

Demikian yang sedikit ini, semoga bermanfaat..
Barokalloohu fiikum...

Related Post



Backlink here..

Comments:7

  1. Semoga kita mendapatkan berkah dan ampunan di bulan yang suci ini dan senantiasa dilipat gandakan segala amalan Amiiin Ya Robal 'alamiin

    ReplyDelete
  2. dengan menahan rasa lapar kita juga jadi bisa lebih mensyukuri keadaan dimana makanan masih berkecukupan.

    ReplyDelete
  3. @samsury sites: Amiin.. makasih sob..
    @obat: benar sob, jadi bisa merasakan keadaan saudara kita yang tiap hari merasakan lapar..

    ReplyDelete
  4. Assalam.Betul tu.Dgn rasa lapar ,kita dpt sedar betapa besarnya nikmat yg Allah beri.Singgah di sini.Done follow,feel free to follow my blog sasteracinta.blogspot.com. :)

    ReplyDelete
  5. bener tuh mas. dengan menahan rasa lapar otak akan mampu berpikir lebih baik daripada yang kenyang, itu kata Sherlock Holmes

    ReplyDelete
  6. Mungkin praktisnya makan itu secukupnya, Sob...Jika terlalu kenyang maka timbulah akibatnya pada diri sendiri. Wah, terima kasih share yang bermanfaat ini.

    ReplyDelete
  7. @SOfea: Wa'alaikumsalam.. Makasih dah follow blog ini, Insya Allah ntar balas follow..
    @Dedy: Yap saya juga pernah denger katanya begitu sob..
    @Uda: Ya, emang kalo berlebihan nggak baik buat kesehatan ya da..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.