Amalan Mulia di bulan Dzulhijjah Amalan Mulia di bulan Dzulhijjah | blognya maz bram's
> > Amalan Mulia di bulan Dzulhijjah

Amalan Mulia di bulan Dzulhijjah

Posted on Tuesday, October 16, 2012 | 20 Comments


Alhamdulillahirobbil'alamiin..

Pembaca blognya mazbrams yang berbahagia, pada kesempatan ini saya akan menulis artikel tentang amalan mulia di bulan Dzulhijjah. Insya Allah besok, Rabu 17 Oktober 2012 bertepatan dengan tanggal 1 Dzulhijjah 1433 H merupakan awal bulan yang mulia, karena pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah adalah waktu yang sangat dicintai oleh Allah Subhanahu wa ta'ala untuk kita melakukan amalan-amalan yang shalih.

Sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam : Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

ما من أيام العمل الصالح فيهن أحب إلى الله من هذه الأيام العشر. قالوا: ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: ولا الجهاد في سبيل الله إلا رجلٌ خرج بنفسه وماله فلم يرجع من ذلك بشيء.
“Tidak ada hari-hari di mana amalan shalih yang dikerjakan di dalamnya lebih dicintai oleh Allah daripada sepuluh hari ini. Para shahabat bertanya: Termasuk pula jihad fi sabilillah? Beliau bersabda: Ya, termasuk pula jihad fi sabilillah, kecuali seseorang yang keluar dengan jiwa dan hartanya dan tidak kembali darinya sedikit pun.” (HR. Al-Bukhari, Abu Dawud, At-Tirmidzi. Lafazh ini adalah lafazh Abu Dawud)

 
Diantara amalan-amalan mulia tersebut adalah melakukan puasa arafah (pada tanggal 9 Dzulhijjah) dan menyembelih hewan qurban (pada tanggal 10 Dzulhijjah).
Adapun dalil tentang keutamaan puasa arafah adalah berdasarkan sabda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam :

أحتسب على الله أن يكفر السنة التي قبله والسنة التي بعده.
“Aku berharap kepada Allah untuk menghapus dosa setahun sebelumnya dan setahun setelahnya.” (HR. Muslim).

Beliau juga bersabda ketika ditanya tentang puasa ‘Arafah :

يكفر السنة الماضية والباقية
“(Puasa Arafah tersebut) menghapuskan dosa satu tahun yang lalu dan yang akan datang.” (HR. Muslim)

Akan tetapi barangsiapa yang berada di Arafah -yakni sedang beribadah haji-, maka tidak disunnahkan baginya berpuasa karena Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melakukan wuquf di Arafah dalam keadaan berbuka (tidak berpuasa).

Sedangkan dalil tentang menyembelih hewan qurban  adalah firman Allah ta’ala :

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ.
“Maka dirikanlah shalat karena Rabbmu dan berqurbanlah.” (Al-Kautsar: 2)
Dan firman-Nya:

قُلْ إِنَّ صَلاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ. لا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ.
“Katakanlah: Sesungguhnya shalatku, sesembelihanku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Rabb semesta alam. Tiada sekutu bagi-Nya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah).” (Al-An’am: 162-163)

 Qurban yang paling afdhal (utama) adalah unta, kemudian sapi, kemudian dha’n (domba), kemudian ma’z (Kambing Jawa), kemudian sepertujuh dari unta, dan kemudian sepertujuh dari sapi.
Dan yang paling afdhal dari itu semua adalah yang paling gemuk, banyak dagingnya, sempurna fisiknya, dan bagus dipandang. Dalam Shahih Al-Bukhari dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu

أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يضحي بكبشين أقرنين أملحين.
“Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dahulu berqurban dengan menyembelih dua kambing kibasy yang bertanduk dan amlah.”
Amlah adalah yang warna putihnya bercampur dengan hitam.

Demikian yang dapat disampaikan, semoga yang sedikit ini bermanfaat bagi kita semua.





materi referensi : http://darussalaf.or.id

Related Post



Backlink here..

Comments:20

  1. wuihh... ini yg kucari cari dari tadi.
    info yg bermanfaat sekali..
    ijin bookmark ya :D
    dan juga izin copas artikel ini ya :)


    #Semoga Sehat Selalu

    ReplyDelete
  2. silahkan mas darmawan, terima kasih atas kunjungannya..

    ReplyDelete
  3. subhannallah..emang sungguh mulianya ya di bulan itu..:)
    thanks infonya sob..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih dah berkunjung mas tova..

      Delete
  4. keren mas ...
    gue belum bisa ngejalanin puasa arafah hehe
    yah setidaknya akhirnya gue tau urutan kurban yang baik :)
    berkat baca2 disini ..

    ReplyDelete
  5. nice posts Gan, semoga membawa berkah, Amin!

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin.. makasih atas kunjungannya mas ropink..

      Delete
  6. Apakabarnya Maz...? mantef banget artikelnya,semoga saja Allah SWT selalu memberikan yang terbaik bagi kita yang selalu INGAT denganNya dan RASULNYA..amien.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah sehat mas icah, mudah2an anda juga sehat2 aja.. makasih dah berkunjung & comment..

      Delete
  7. Ea ya mas tinggal menyisahkan beberapa hari lagi idul adha :)
    Trima kasih telah mengingatkan dan berbagi dakwah pada kita... :)
    Semoga Allah yg membalas kebaikan maz brams..
    Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas budi, semoga sehat selalu..

      Delete
  8. saya bookmark ya maz brams. br tau saya urutan hewan kurban yg baik...:D

    makasih ya Maz Brams dah berbagi info yg bermanfaat ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan maz nakusan.. makasih dah berkunjung..

      Delete
  9. betul ini puasha :)

    nambah ilmu,
    jangan lupa mampir balik ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul betul betul.. makasih dah berkunjung miz tia..

      Delete
  10. Info bagus sob. Insyallah saya juga mau puasa Arafah. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas saeful, semoga Allah memudahkan..

      Delete
  11. alhamdulillah nambah ilmu lgi....mohon ijin copas ya.....

    sukron,sebelum n sesudahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mas yudi, barokallohu fiik..

      Delete

Powered by Blogger.