Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Tips Aman Berkendara Sepeda Motor | blognya maz bram's
> > Tips Aman Berkendara Sepeda Motor

Tips Aman Berkendara Sepeda Motor

Posted on Thursday, June 21, 2012 | 5 Comments


Kali ini saya akan memberikan sedikit tips bagi pengendara sepeda motor agar aman saat berkendara di jalan raya dan selamat sampai di tujuan. Berikut ini tipsnya (berdasarkan pengalaman pribadi) :
 
Sebelum berkendara sebaiknya periksa dulu kondisi sepeda motor anda, antara lain : lampu depan-lampu rem-lampu sein apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Ban motor anda apakah kempes atau tidak. Rem tangan-rem kaki apakah berfungsi dengan benar atau tidak. Klakson apakah bunyi atau tidak. Dan yang terpenting apakah Bensinnya masih ada atau habis.. Setelah itu semua dicek dan semuanya dalam kondisi baik maka lanjutkan ke step berikutnya..

2.      Panasi mesin sepeda motor anda sebelum digunakan agar oli mesin dapat naik mengaliri mesin dan bekerja dengan optimal saat berkendara, ya kira-kira 3-5 menit sudah cukup.
3.      Siapkan perlengkapan safety riding : Helm (agar kepala aman dari benturan, ya setidaknya jaga-jaga), Jaket (agar tidak dingin+pelindung kulit badan), Kaos Tangan (agar telapak tangan terlindungi dan yang pasti biar tidak hitam), Sepatu (agar kaki lebih aman, kalo pakai sandal boleh juga untuk jarak dekat, misal ke warung, ke pasar, ke mesjid, dll), Masker (agar tidak menghirup udara kotor/polusi asap kendaraan bermotor) dan yang terpenting adalah Mantel/Jas hujan (dipakai kalo hujan saja).
4.      Sebelum menaiki sepeda motor bacalah bismillah atau do'a yang biasa anda baca saat akan berkendara agar selamat sampai tujuan..amiin..
5.      Jangan lupa nyalakan lampu motor pada siang hari untuk mengurangi angka kecelakaan, karena jika lampu motor hidup maka akan dilihat dengan jelas oleh pengguna jalan yang lain. Kalo dimalam hari sudah pasti harus dinyalakan lampunya, soalnya kalo tidak dinyalakan akan gelap..
6.      Kendarai sepeda motor anda dengan hati-hati dan taatilah peraturan/rambu-rambu lalu lintas.
Demikian tips dari saya semoga bermanfaat...

Related Post



Backlink here..

Comments:5

  1. ok sob mantap artikelnya. ane dpt ilmu lagi

    ReplyDelete
  2. Tips yang berguna sobat....
    Semoga dapat menekan banyaknya kecelakaan di jalan raya, Selalu Hati-hati dan taati peraturan lalu lintas... ga perlu kebut-kebutan...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.