Peluang Bisnis Pembenihan Ikan Lele Peluang Bisnis Pembenihan Ikan Lele | blognya maz bram's
> > Peluang Bisnis Pembenihan Ikan Lele

Peluang Bisnis Pembenihan Ikan Lele

Posted on Wednesday, June 20, 2012 | 1 Comment


Peluang Bisnis Pembenihan ikan lele saat ini merupakan potensi usaha yang sangat menggiurkan. Dengan menjamurnya rumah makan yang menyediakan menu utama pecel lele, dan juga di warteg-warteg banyak ditemui lele goreng, dan masakan yang bahan bakunya lele membuat prospek usaha ini terbuka lebar.

Adapun langkah pertama untuk memulai bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar, cukup menyiapkan lahan untuk kolam sekitar 3x4 m sebanyak 4-5 tempat dan terpal/plastik sebagai tempat pembenihan lele. Sedangkan untuk benih lele dapat meminjam dari pengusaha pembenihan lele yang sudah berjalan.


Misalnya kita meminjam 3 induk lele yang siap bertelur (1 jantan, 2 betina) itu sudah cukup banyak jika telurnya berhasil menetas semua alias tidak jomblo. Untuk media bertelur lele, kita cukup menyiapkan ijuk sekita 2 -5 ikat yang bisa dibeli di pasaran.

Dalam waktu semalam biasanya lele sudah bertelur, dan induk bisa kita angkat dari kolam pembenihan, sehari kemudian telur lele sudah menetas, jangan menunggu lama setelah telur lele menetas kita angkat ijuk tersebut dengan hati-hati.

Untuk pakan ikan lele baru lahir kita dapat membeli cacing merah/cacing got yang bentuknya seperti serabut kecil-kecil, biasanya 1 gelas = 4-6 ribu. setelah 4-7 hari baru diberi pakan pelet sesuai dengan ukurannya.

Alat yang dibutuhkan selanjutnya adalah saringan lele ukuran 2-3, 3-4, 4-6, 7-9, dst.. Jangan lupa siapkan juga seser/jaring untuk menangkap ikan. Lele perlu disaring agar lele yang berukuran besar (jonggol) tidak memakan lele yang berukuran lebih kecil. Demikian seterusnya sampai ada pembeli bibit lele yang datang untuk membeli lele. Pengurasan Kolam lele dapat dilakukan 2-3 hari sekali jangan sampai lele stress karena air yang kotor dan bau.

Demikian sedikit sharing dari saya, semoga bermanfaat..

Related Post



Backlink here..

Comments:1

Powered by Blogger.