Konsumsi BBM Vario 125 tembus 57,3 km/liter Pertamax
Posted on Thursday, July 12, 2012
|
41 Comments
Konsumsi BBM Honda Vario Techno 125 PGM-FI ini memang lumayan irit untuk skuter matik kelas 125 cc. Hal ini terbukti ketika saya melakukan pengetesan mileage (konsumsi bbm km/liter) menggunakan metode top up atau isi full tank, kemudian dibawa jalan beberapa km dan diisi full tank lagi sehingga didapatkan angka pemakaian km/liter yaitu jumlah perjalanan dibagi jumlah bensin yang diisi sampai fulltank kembali.
Nah sebagai batasan pengujian, pengendara adalah mazbrams sendiri dengan berat badan / tinggi badan = 70 kg /168 cm, jadi kalo beda pengendara maka ada perbedaan juga termasuk gaya bawa kendaraannya juga pengaruh..
Untuk rute rumah-kantor pp 60km dan kondisi jalan berkontur rata. Untuk gaya riding sewajarnya orang ngantor bukan ala pembalap atau seruntulan. ya itunglah kecepatan rata-rata 70 kpj. pernah sampe 80/90kpj waktu nyalip bis / truk yang ngebul..
Okehh, pada selasa, 10/07/2012 motor diisi pertamax full jepret odometer : km menunjukkan angka 452,0
Kendaraan dibawa pp rumah-kantor dan kadang mampir belanja setelah 2 hari diisi full tank lagi jepret odometer : km menunjukkan angka 598,2 dengan mengisi pertamax sebanyak 2,55 liter.
Related Post
Backlink here..
lebih irit punya saya mazbrams...
ReplyDelete(bensin subsidi negara)
hahahahahaha
hehehe.. ya iya lah, harganya kan lebih murah..
ReplyDeletegan..perbandingannya klo di tangkinya masih ada premium gimana..???
ReplyDeleteterus pake pertamax yg plus ato yang bisa aja gan..???
wah maap nih baru bales, kalo di tangkinya masih ada premium ya dihabisin dulu biar pas ngetest-nya.
Deletekemaren pake pertamax biasa, tapi kini harganya Rp. 1.100, jadi main campur aja sekarang.. makasih dah mampir..
hidup hemat bbm...
ReplyDeletemakasih atas support-nya.. good luck..
Deletekalo premium dicampur pertamax gimana ya kira-kira oms?
ReplyDeletesoalnya pertamax mencekik, jadi kan bisa selang seling hehe
kalo om honda bilang sih semua produk honda PGM-FI aman buat nenggak premium, tapi ada yang bilang juga lebih bagus pake pertamax karena kompresinya vario 125 11:1.. kalo ane sekarang pas ada duit isi pertamax, pas gak ada duit isi premium.. hehe..
DeleteMas Bram, bagaimana kondisi rem cakram depan vario-nya? Apakah ada sedikit gesekan (cakram dan kampas) saat roda depan diputar?
ReplyDeleteSoalnya saya pernah menguji honda 125 saya, saat baru keluar dari toko (dengan kondisi cakram depan bebas gesekan ketika roda depan berputar). Dengan kecepatan stabil/lumpsum seperti truk trailer, hasilnya konsumsi 1 liter bisa menempuh 100 km.
Kemudian 2 tahun, saya beli vario CBS, kondisi cakram depan ada sedikit gesekan dan tidak bisa diperbaiki (dan tidak bisa memilih karena stok toko adalah semua cakram motor bergesek). Hasilnya 1 liter dengan kecepatan kota, daya tempuhnya cuma 35 km.
selama 4 bulan saya pale sih gak ada masalah tuh sob, memang gesekan antara cakram dan kampas bisa mempengaruhi konsumsi BBM karena laju kendaraan ditahan oleh gesekan tersebut, akibatnya mesin perlu tenaga ekstra untuk mencapai kecepatan tertentu. Vario standar bapak saya juga kalo dituntun cakramnya agak bergesek gitu sob. Coba aja ke bengkel ahass terdekat sapa tau ada solusinya.. makasih..
Deletejadi kalau vario pgm f1 di kasih minum premium gak papa ya maz bram...???
ReplyDeletegak papa mas radit, wong dari hondanya sendiri yang bilang.. Tapi kalo mau ngisi pertamax lebih bagus lagi sob, tarikannya lebih enteng.. kalo saya malah sekarang banyakan pake premium, pertamax harganya selangit sob..
Deletekaget jg setelah beli vario pgm fi 4 hari yang lalu, konsumsi bbm nya bener2 ngirit
ReplyDeletegak nyangka bisa tembus +- 55km/l
g salah pilih motor nih
baru kali ini gonta ganti motor dapat motor yang se irit ini
berarti sobat sudah membuktikannya sendiri kan.. moga aja jodoh sama tu motor..makasih..
Deletemarvelous wordpress blog structure http://casinoonlinex.wordpress.com online casino
ReplyDeleteom brams, knapa vario pgm f1 saya klo berjalan pelan terasa seperti keberatan om?
ReplyDeletememang kalo di putaran bawah vario 125 agak berat narik nya, sobat putar aja gasnya tambah dikit pasti dah enteng tuh, mungkin emang karakternya motor matic ya sob. Tapi kalo dah panas mesin kayaknya gak berat-berat amat kan sob.. makasih..
Deletekalo tetang endut endutan tuh gimana masbro ??
ReplyDeleteendut-endutan apanya mas julian? kalo tarikan motor matic injeksi di putaran bawah (kurang dari 40km/jam) emang agak berat tapi kalo udah 50lm keatas dah stabil kok sob.. cuman emang kalo mo nyalip bus ato truk mesti aba2 dulu sob, kalo dari bawah agak berat nyalipnya.. makasih..
Deletemas kalau suara ngorok di vario 125 knp ?
ReplyDeletekalo setau saya, suara ngorok pada vario 125 emang bawaannya, karena cc-nya yang tinggi dan model saringan radiatornya yang kayak sirip ikan. konon ada user yang bisa ngilangin suara ngoroknya, itupun mesti ganti parts dan harus merelakan kehilangan garansi mesin honda. Selama ngorok itu nggak ganggu performa mesin, saya kira masih aman-aman saja sob.. jadi cirikhas vario 125 ini ya ngoroknya itu.. :)
ReplyDeleteMas Bram, saya mau tanya karena jalur perjalanan saya setiap hari sekali jalan melibas 72 polisi tidur/jengglungan...saya bermasalah dengan jok motor yang keras sehingga membuat bokong ini panas dan tulang buntut sakit, apakah ada slusinya untuk jok supaya menjadi empuk?
ReplyDeleteNah, untuk masalah jok emang saya rasa kualitas material jok vario 125 ini lebih rendah drpd vario pendahulunya, alias lebih keras. untuk mengatasinya ada dua cara :
ReplyDelete1. silahkan datang ke tukang jok, kemudian jok dipapas dulu dan ditambah busa yang lebih empuk untuk melapisi jok aslinya.
2. ada pengalaman teman pake sarung jok yang bahannya dari per kecil2 gitu, dan katanya lumayan juga untuk mengatasi bokong panas dan anti ambeien.. kalo nggak salah harganya sekitar 90rban.. pasangnya juga gampang tinggal disarungin ke jok vario anda dan nikmati sensasinya...
semoga membantu,..
Saya bingung nih mas bram! Pengen bli vario tchno yg sblumnya 110cc drpd yg baru ini 125cc. Tapi dsatu sisi, sya pngen juga yg brmesin pgmf1, krna yg 125 cc body dan eleganny tak sperti yg 110cc yg lbih elegan aja gitu mnurut sy likuk" bodynya. Mnurut mas bram bagusan mana si.. vario 110cc, apa yg baru ini?
ReplyDeletekalo menurut saya sih mending beli yang udah pgm-fi sob, soalnya gas buangnya juga lebih ramah lingkungan. Selain itu banyak kelebihan lain yang nggak ada di vario 110cc, misalnya bunyi starter nya yang sunyi senyap, bagasinya yang sangat luas (helm-in), trus lampu besar yang otomatis nyala, ada indikator mesinnya lagi. Jadi kalo radiator panas ato ada masalah dgn mesin kita cukup melihat indikator nya aja sob. N saya kira vario 125 ini juga lumayan irit untuk skutik sekelas 125cc sob.
ReplyDeleteLagian kalo mau beli vario 110cc kan udah nggak ada di dealer, jadi paling dapetnya yang second, nah kalo mau beli yang second mesti hati2 sob..
Jadi terserah sobat mau beli yang mana, harganya juga lumayan miring tuh..
Yuk Pake pertamax aza, mesin lebih awet,, sy bentar lgi test yg sama vario 125 CBS
ReplyDelete@SAIFUL: YUUUKK.. SELAMAT NGETEST SOB.. SAPA TAU LEBIH IRIT DARI PUNYAKU..
ReplyDeleteterlanjur sayang sama vartech 108cc...
ReplyDeleteyang penting perawatan teratur,,
si kuda besi pun siap melayani anda... :)
# buat teman-teman safety riding, ojo ngebut2 sayangi diri,,
@iffahL makasih ukh atas nasihatnya.. :)
ReplyDeleteMaz brams kok vartech sya lebih irit pake premium di banding pertamax..
ReplyDeleteNgisi 3ltr aja nyampe jkt-banten..
Tpi klo pke pertamax paling cuma nyampe balaraja..
Yang paling jarak tempuh hanya 80km..
Sdangkan klo pke premium bisa sampe 180km..ada solusi maz brams..monggo di tunggu solusinya
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteKlo menurut ane jauh lebih irit Bajaj Pulsar gan, ane beli vario september 2013 ane test buat bandung-bogor wah gila bener2 boros nieh motor isi bensin premium 30 rb nyampe bogor udah kedip-kedip jarak bogor bandung 147 km, PP udah ngabisin 60 rb klo pulsar cm 30 rb, ane test pulsar dan vario keduannya berboncengan,
ReplyDeleteAcungkan jempol buat bajaj menurut ane motor paling irit, ane pernah test juga tuh ngosongin tanki sampe gada bensinnya ane isi tuh 1 liter ternyata kuat sampe 6 hari itu bensin,
jarak PP 8km dr rmh ke ktmpat kerja itung 8x6 aja udh 1 liter 48 Km jauh lebih irit khan..
tp semua produk gada yang sempurna
Pulsar irit tapi susah bawa barang
Vario Boros gampang bawa barang..
Tp ane sekarang malah pake vario soalnya suka bawa belanjaan istri ..he ditambah jalanan yang makin macet jd pegel klo harus mainin kopling mulu... semua kembali ke pengguna, mau yang mana. pilih sesuai kebutuhan,,, tp klo pengen lebih Irit bensin harus di campur gan ( campur dorong ).. he.he peace ah
mas bramz,..
ReplyDeletesaya kan suka touring nih,...
saya pengen pakai pertamax,...
yang saya katutin, kan ada tu spbu yang nggak menyediakan peratamax,...
gimana tu mas bramz????
ato ada nggak orang jual tangki cadangan buat vario techno???
di tunggu ya mas bramz balasan nya,.,.
wah benar2 irit ya vario
ReplyDeletePiala Dunia 2014 - News-Bola.Com
Prediksi | Togel Singapura | Togel Hongkong
Arena Dewasa
Jadwal Liga | Prediksi Skor | Jadwal Bola | Piala Dunia 2014
Keluaran Togel Singapura Hari Ini
Halo gan says mau nanyak Honda various fi pakai pertamax blasa APA pertamax +
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteMisi. Mau sharing, ane pengguna viss . Yang sudah revisi snooring, ngempos dan nyendat2., akselarasi diadu ama vixion nvl sampe 70kmh sama.aja. Asal jangan buka gas mendadak di putaran 3000rpm ditahan sampe 5000., baru akselarasi keluar. Konsumsi 45-47kml. Gaya riding 60-70kmh. Bahan bakar 88., metode fTf.. Thanks.
ReplyDeleteMas bro
ReplyDeleteGimana kalau vario pgm fi 125..bbm pakek premium dicampur pertamax..bahaya enggak?
Thanks
vario ane pake pertamax plus tempuh 75 km / liter
ReplyDeleteMasbramz ane mau tanya nih, kemaren" ane abis camp dibogor gunung salak, pas mau naikin ke atas yang konturnnya agak menanjak ama batu" baru ampe tengah tuh bau venbel gitu, trus besoknnya abis turun sering bocor, ane ganti tubles aja ban belakangnya pake ukuran yang lebih gede dari sebelumnnya, nah sekarangnnya malah bunyi ngik"an gitu kalo mulai narik gas abis lewatin polisi tidur, kira" itu bannya atau venbernnya bang? Thanks, satu lagi kalo bawa motor di kecepatan 40km itu bikin boros apa nggak? Thanks awam mesin soalnnya :D
ReplyDeleteMasbramz ane mau tanya nih, kemaren" ane abis camp dibogor gunung salak, pas mau naikin ke atas yang konturnnya agak menanjak ama batu" baru ampe tengah tuh bau venbel gitu, trus besoknnya abis turun sering bocor, ane ganti tubles aja ban belakangnya pake ukuran yang lebih gede dari sebelumnnya, nah sekarangnnya malah bunyi ngik"an gitu kalo mulai narik gas abis lewatin polisi tidur, kira" itu bannya atau venbernnya bang? Thanks, satu lagi kalo bawa motor di kecepatan 40km itu bikin boros apa nggak? Thanks awam mesin soalnnya :D
ReplyDelete