Faedah membaca Basmalah sebelum makan dan minum Faedah membaca Basmalah sebelum makan dan minum | blognya maz bram's
> | > Faedah membaca Basmalah sebelum makan dan minum

Faedah membaca Basmalah sebelum makan dan minum

Posted on Wednesday, January 30, 2013 | 43 Comments


Bismillah..

ِإِنَّ الْحَمْدَ لِلهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

Sobat blogger yang Insya Allah dirahmati oleh Allah, diantara sunnah seseorang yang hendak makan dan minum, adalah sebelum memulai makan dan minum hendaknya membaca basmalah dan membaca Alhamdulillah ta’ala setelah selesai makan dan minum.

Ibnul Qayim Rahimahullah mengatakan : “Membaca basmalah diawal makan dan minum dan membaca Alhamdulillah setelah selesai, mempunyai pengaruh yang sangat mengagumkan baik pada manfaatnya, kebaikan dan dalam mencegah kemudharatan. Imam Ahmad mengatakan : Apabila dalam makanan telah terkumpul empat hal, maka telah sempurna : Apabila menyebut nama Allah diawal makan, Alhamdulillah setelah makan, makan berjama’ah dan dari makanan yang halal [Zaad Al-Ma’ad ( 4 / 232 )].


Faedah membaca Basmalah : sebelum makan yaitu bahwa syaithan diharamkan bergabung dalam makanan dan dalam meraih makanannya. Dari Hudzaifah Radhiallhu ‘anhu, beliau berkata : “apabila kami hadir bersama dengan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam  tidaklah kami meletakkan tangan kami hingga Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam  memulai, maka barulah kami meletakkan tangan kami. Dan suatu saat kami menghadiri makan bersama dengan beliau, lalu seorang anak wanita, sepertinya dia dipanggil dan kemudian datang dan meletakkan tangannya, lalu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam  meraih tangannya. Kemudian datang seorang arab badui, sepertinya dia dipanggil namun tangannya diraih oleh beliau. Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda : “Sesungguhnya syaithan memasuki makanan yang tidak disebut nama allah. Dan syaithan datang dengan anak wanita ini untuk bergabung , maka saya menarik tangannya. Dan datang dengan arab badui ini juga untuk bergabung dengannya, maka saya juga menarik tangannya. Dan demi dzat yang jiwaku berada ditangan-Nya sesunguhnya tangan syaithan bersentuhan dengan tanganku besamaan dengan tangan anak wanita tersebut “[HR. Muslim ( 2017 ), ahmad ( 22738 ) dan Abu Daud ( 3766 )]

Lafazh Basmalah : Adalah dengan mengucapkan Bismillah. Dari Umar bin Abu Salamah Radhiallahu ‘anhuma, beliau berkata : “Saat itu saya seoranganak kecil yang berada didalam kamar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan tanganku meraih yang ada didalam piring, maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Wahai anak kecil, bacalah bismillah dan makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah yang terdekat denganmu, maka hal itu menjadi makananku berikutnya “ [HR. Al-Bukhari ( 5376 ) dan lafazh hadits tersebut adalah lafazh beliau, Muslim ( 2022 ), Ahmad ( 15895),Abu Daud ( 3777 ), ibnu Majah ( 3267 ), Malik ( 1738 ) dan Ad-Darimi ( 2045 )]

An-Nawawi didalam Kitab Al-Adzkar karya beliau memilih bahwa yang paling utama adalah mengucapkan : Bismillahirrahmanirrahim, dan apabila mengucapkan : Bismillah, maka sudah cukup dan sudah mengamalkan Sunnah [Al-Adzakr karya An-Nawawi ( 334 )].

Ibnu Hajar menyanggah pendapat tersebut, beliau berkata : “Saya tidak melihat adanya dalil khusus yang menguatkan pernyataan beliau.
Saya berkata : Sebagian besar nash-nash yang ada menerangkan hanya dengan lafazh : Bismillah, dan selain itu tanpa tambahan : Ar-Rahman Ar-Rahim. – dari hadits Amru bin Abi Salamah, beliau berkata : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda : “ Wahai anak kecil, apabila engkau makan maka sebutlah bismillah, makanlah dengan tangan kanamu dan makanlah yang terdekat denganmu. “ [HR. Ath-Thabrani didalam Al-Mu’jam Al-Kabir, dan Al-Albani memasukkannya didalam Silsilah Ash-Shahihah, dan beliau berkata : Sanad ini shahih sesuai dengan kriteria hadits Asy-Syaikhain ( 1 / 611 ) no. ( 344 )].

Dan apabila seseorang yang makan lupa mengucapkan : bismillah sebelum makan kemudian dia teringat disaat dia tengah makan, maka hendaknya dia mengatakan : Bismillahi Awwalahu wa Akhirahu , atau mengatakan : Bismillahi fii Awwalihi waakhirihi. Dari Aisyah Ummul Mukminin Radhiallahu ‘anha, beliau berkata : Bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda : “ Apabila salah seorang diantara kalian makan hendaknya dia menyebut : Bismillah ta’ala. Dan apabila dia lupa menyebut Bismillah ta’ala diawal makan, maka hendaknya dia mengucapkan : Bismillah Awwalahu wa Akhirahu [HR. Abu Daud ( 3767 ), dan lafazh diatas adalah lafazh Abu Daud, Al-Albani menshahihkannya. Juga diriwayatkan oleh Ahmad ( 25558 ), At-Tirmidzi ( 1858 ), Ibnu Majah ( 3264 ) dan Ad-Darimi ( 2020 )].

Adapun ucapan Alhamdulillah ta’ala, setelah menyelesaikan makan atau minum, maka pada ucapan ini mempunyai keutamaan yang sangat agung, yang Allah anugrahkan kepada segenap hamba-Nya. Anas bin Malik meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda :
“Sesungguhnya Allah meridhai seorang hamba yang ketika makan suatu makanan lalu dia mengucapkan Alhamdulillah. Dan apabila dia minum suatu minuman maka diapun mengucapkan : Alhamdulillah.“ [HR. Muslim ( 2734 ), Ahmad ( 11562 ) dan At-Tirmidzi ( 1816 )]

Demikian yang sedikit ini semoga bermanfaat, jika ada yang salah mohon dimaafkan.

-Terima Kasih-

Related Post



Backlink here..

Comments:43

  1. pentingnya Basmallah di setiap aktivitas sob, terima kasih artikelnya...
    follow no 92, followback please...

    ReplyDelete
  2. Basmallah memang harus dibaca sebelum mau makan. dan lebih baik lagi kalau selalu dibaca setiap melakukan aktifitas misalnya kerja, agar mendapat ridlonya

    ReplyDelete
  3. Alhamdullilah karena terbiasa dari kecil sampe sekarang kalo ga baca Basmallah rasanya ada yang kurang ya bang kalo mau makan..hahhahahayyy

    ReplyDelete
  4. Betul Maz Bramz,dengan membiasakan baca bismillah sebelum makan,setan tidak ikutan makan makanan kita.
    Oh iya sob cara masukin lafaz arab ke postingan gimana sob? saya gagal terus.

    ReplyDelete
  5. Cegah Bencana Alam Dengan Melakukan Penghijauan

    http://blog-agan.blogspot.com/2013/01/cegah-bencana-alam-dengan-melakukan.html

    ReplyDelete
  6. Bismillahi fi awwalihi waakhirihi, itu yg selalu saya ingat dulu ketika lafadz ini diajarkan oleh sepupu saya ketika saya masih kecil

    ReplyDelete
  7. Wahhh, saya mendapatkan pelajaran baru lagi disini tentang Faedah membaca Basmalah sebelum makan dan minum
    Makasih banyak atas infonya

    ReplyDelete
  8. met sore mas postinganya sangat bermanfaat sekali mas trmksih banyak mas.

    ReplyDelete
  9. mas, saya ijin ngeprint ini ya, mau saya tempel di kamar anak saya.

    ReplyDelete
  10. alhamdulillah, terimakasih sudah mengingatkan akan manfaat mengucapkan basmalah sebelum makan...syukron :)

    ReplyDelete
  11. .: Setuju Pak Ustadz, ane nambahin yg dimakan mesti halal dan tidak berlebihan, nyendoknya kagak boleh kidal...^_^

    ReplyDelete
  12. alhamdulillah sehabis makan dan minum.

    ReplyDelete
  13. sunggu bermanfaat artikel sobat, terus lah berbagi untuk sesama

    ReplyDelete
  14. apa yang di gariskan dalam agama ini pastilah memiliki khasiat dan kebaikan,..

    ReplyDelete
  15. awali sgala ssuatumu dg bismillah dan akhiri dg alhamdulillah
    nice share sob.

    koment back y di postq :)

    ReplyDelete
  16. Yang jelas Bismillah memang bacaan yg harus dijalankan, apalagi kita sbg org islam, semoga bacaan bismillah bisa dibaca utk setiap melakukan aktifitas apalagi sebelum makan

    ReplyDelete
  17. bismilah untuk mengawali setiap kegiatan

    ReplyDelete
  18. saya sering kelupaan baca basmalah sebelum makan,, hehehe.. :)

    ReplyDelete
  19. Bismillahirrahmanirrahim...
    membaca basmalah sebelum komentar disini...:)
    maaf mas telat berkunjung nih sayah.....,salam sukses mas.

    ReplyDelete
  20. Kadang ane kelupaan tuch baca basmallah.. Tp biasanya langsung ane ikuti "bismillahi awwalihi wa akhirihi"..

    ReplyDelete
  21. Selamat malam kawan
    selalu suport dan hadir disini, sambil cari info menarik
    terima kasih

    ReplyDelete
  22. aku baru tau neh, mkshudah di share ya

    ReplyDelete
  23. Kunjungan sob,
    Bermanfaat sekali ternyata baca basmallah.. ..

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah, semoga dengan membaca Bismillahirahmanirrahim maka segala yg kita makan insyaallah jadi sesuatu yang baik.. Apalagi dari makanan yg halal dan baik...

    ReplyDelete
  25. Sangat bermutu nih postingannya, di tunggu posting selanjutnya. oh iya..ada award buat anda, diambil yah?

    ReplyDelete
  26. 'afwan mas, yang saya pahami yang disebut basmalah itu (bismillaahirrohmaanirrohiim) tapi jika itu hanya (bismillaah) maka disebut "Tasmiyah", untuk do'a makan yang tepat adalah tasmiyah bukan basmalah

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah saya membaca Basmalah sebelum makan dan minum :)

    ReplyDelete
  28. waah bermanfaat banget sob artikelnya,makasiih :)

    ReplyDelete
  29. memang dlm smua perbuatan kebaikan alangkah indah'a di iringi dengan basmalah... :)

    ReplyDelete
  30. alhamdulillah saya selalu baca bismillah sebelum makan.... :)

    ReplyDelete
  31. Mas untuk memperbaiki replay komentar,sudah saya buat postingnya.

    ReplyDelete
  32. sya kadang2 lupa baca basmallah tuh..kalau sedang lapar sangat..hehe
    thanks infonya sob..jadi tau sekrang..:D

    ReplyDelete
  33. alhamdulillah..orang tua kita dulu mengajari hal ini menjak kita kecil....kini tugas kita untuk menurunkannya ke anak kita..
    nice post mas.. :)

    ReplyDelete
  34. Bang Brammmmm kangen berat nih,maaf baru bisa mampir soalnya lagi ditengah laut sama kapal yang penuh batubara ini absen aza cuma pake HP bang,Subhanallah memang ayat-ayat Allah SWT selalu berfaedah bagi kita semua dan bersyukurlah bagi kita selaku ummat Muhammad SAW,semoga kita termasuk golongan orang2 yang suka akan zikir serta sholat..amien.

    ReplyDelete
  35. tetep semangat berkunjung di blog sahabat,,,selamat sore ms brams

    ReplyDelete
  36. Alhamdulillah.. insyaallah sampai hari ini bukan hanya pada saat makan saja membaca basmalah ini, kalau bisa disetiap aktifitas yang akan kita lakukan..

    ReplyDelete
  37. ia baca bismillah biar kenyaang makannya hehe

    ReplyDelete
  38. aku setuju sob..sebaiknya kita sebagai muslim tiap memulai aktivitas jangan lupakan itu, yaitu membaca basmallah...trimakasih sob..salam..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.